Arsenal Juara Grup A Liga Champions

Arsenal mampu membawa pulang poin penuh kala bertandang St. Jakob-Park melawan Basel dalam laga pamungkas grup A Liga Champions. Laga yang dihelat pada tanggal 7 Desember 2016 tersebut berakhir dengan skor 1-4 untuk keunggulan tim tamu. Dengan hasil tersebut, The Gunners sukses menjadi juara grup, menyusul pertandingan antara Paris Saint Germain melawan Ludogorets yang berakhir dengan skor 2-2.

Arsenal
Arsenal sukses menjadi juara grup A Liga Champions

Meriam London keluar sebagai juara grup A dengan raihan 14 angka, dengan catatan tidak menelan kekalahan. Enam pertandingan dilalui dengan empat meraih kemenangan dan dua hasil imbang.

Disusul oleh Paris Saint Germain yang harus puas finis di urutan kedua dengan mengantongi poin sebanyak 12 angka. Padahal, pada pertandingan terakhir yang dihelat di depan para pendukungnya sendiri, PSG harus puas berbagi angka. Bahkan, Edinson Cavani CS hampir saja menelan kekalahan, andai Angel di Maria tidak mencetak gol di penghujung laga.

Namun, hasil imbang tersebut membuat Ludogorets finis di urutan ketiga dengan raihan tiga poin. Sehingga tim asuhan Georgi Dermendzhiev berhak tampil di UEFA Europa League dan melaju ke babak 32 besar. Sementara kekalahan yang dialami RotBlau membuat mereka menenempati posisi paling buncit dan langkahnya di kejuaraan Eropa harus terhenti.

Jalannya Laga Basel vs Arsenal

Pertandingan antara Basel melawan Arsenal yang tersaji di St. Jakob-Park, berjalan dengan sengit sejak awal peluit laga. Tim tuan rumah yang didukung penuh oleh para supporter mampu memberikan tekanan ke lini pertahanan lawan pada menit-menit awal. Namun, justru tim tamu yang berhasil mencetak gol terlebih dahulu, melalui Lucas Perez.

Pemain anyar The Gunners tersebut sukses menaklukkan kiper Tomas Vaclik, setelah menerima umpan matang dari fullback kiri Kieran Gibbs. Unggul satu gol membuat tim asuhan Arsene Wenger merasa percaya diri dan terus menguasai jalannya pertandingan.

Alhasil, hanya berselang delapan menit dari gol pertama, mantan pemain Deportivo La Coruna kembali melesakkan bola ke gawang lawan. Berawal dari permainan ampik di lini tengah, Aaron Ramsey memberikan umpan ke sektor kanan pertahanan lawan yang diterima dengan baik oleh Gibss.

Kemudian bek kiri berkebangsaan Inggris tersebut melesakkan tendangan yang mampu dihalau oleh Vaclik. Namun, justru bola mengarah ke Perez, yang dengan mudah mengandakan keunggulan. Babak pertama berakhir dengan skor 0-2.

Memasuki babak kedua, Alexis Sanchez dkk terus mendominasi pertandingan. Hingga akhirnya paruh kedua yang baru berjalan selama dua menit, Lucas mampu kembali mencetak gol ketiganya sekaligus mencatatkan hattrcikĀ untuk pertama kalinya selama karirnya di kancah Eropa.

Enam menit kemudian, giliran Alex Iwobi yang mencatatkan namanya di papan skor, setelah mampu memaksimalkan umpan tarik dari Mesut Ozil. Tertinggal empat gol, membuat Basel berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Hingga akhirnya, Seydou Doumbia sukses memperkecil kedudukan menjadi 1-4. Skor tersebut bertahan hingga sang pengadil lapangan meniupkan peluit panjang.

Arsene Wenger: Kami Senang Jadi Juara Grup

Kemenangan 1-4 Arsenal atas Basel dalam laga pamungkas grup A, menjadikan The Gunners keluar sebagai juara grup, menyusul laga PSG melawan Ludogorets yang berakhir dengan imbang. Hasil tersebut membuat sang pelatih Arsene Wenger merasa senang.

Arsene Wenger
Arsene Wenger senang Arsenal mampu keluar sebagai juara grup A Liga Champions

“Tentu kemenangan ini begitu istimewa, karena kami keluar sebagai juara grup. Hal itu membuat kami memiliki keuntungan di lebih besar saat menghadapi lawan babak 16 besar nanti. Karena kami terlebih dahulu tampil sebagai tim tamu pada leg pertama dan di leg kedua kami bermain sebagai tim tuan rumah,” ujar manajer asal Perancis.